Logo Sepeda Onthel Gazelle
compasonthel.blogspot.com - Berikut ini sejarah sepeda onthel Simplex :
1892 : Willem Kolling, yang bekerja sebagai agen kantor pos di
sebuah desa di Belanda yang bernama Dieren, mengundurkan diri dan memulai usaha
dagang sepeda dengan memesan sebuah sepeda di Inggris. Usaha dagangnya
berkembang dengan sangat bagus. Kolling kemudian memulai kerja sama dengan
pengecer perangkat dari besi dan kompor Rudolf Arentzen dari Dieren.
1902 : Arentzen dan Kolling membeli tanah dan bangunan baru di
tempat berdirinya pabrik yang sekarang dan memulai produksi sepeda. Dalam tahun
yang sama, sepeda pertama kali yang bermerk Gazelle mulai dijual.
1903 : Kemudian Gazelle memperkenalkan produksi sepeda motornya
yang pertama, namun tidak dibuat oleh Gazelle sendiri.
1905 : Meskipun perdagangannya berkembang bagus Arentzen
mengundurkan diri dari perusahaan itu. Posisinya digantikan oleh Hendrik
Kolling, saudara Willem Kolling.
1912 : Dengan perluasan besar-besaran terhadap tanah dan
bangunan awal mereka, dan dengan alat – alat permesinan yang modern dan
spesialis, rencana produksi sendiri bisa direalisasikan sepenuhnya. Meraka
memiliki spesialisasi dalam pembuatan sepeda lengkap. Sementara itu aktivitas
perdagangan borongan Gazelle menjadi semakin penting.
1915 : Keluarga Kolling dan kemenakan mereka Van Breuking
mengganti nama perusahaan menjadi “N.V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentzen en
Kolling dalam dua puluh lima tahun berikutnya perusahaan ini mengalami
pertumbuha yang mantap. Permintaan dari outlet domestik serta permintaan
internasional meningkat secara signifikan. Hal ini juga karena pasar yang
berkembang bagi sepeda Gazelle di Indonesia yang pada saat itu menjadi salah
satu koloni Belanda. Disamping sepeda – sepeda standar, beberapa jenis sepeda
bermotor, delivery bicycles (sepeda antar) dan carier tricyles
(sepeda muatan tiga roda) diproduksi untuk berbagai sektor idustri.
1930 – 1931
: Gazelle memperkenalkan model kerangka silang 9X dan 8V.
1931 : Sebagai variasi merek Invicta muncul dalam katalog
Gazelle, sementara itu merek Gelria juga diperkenalkan.
1935 : Gazelle memperkenalkan tandem pertama, yang sangat
populer dalam tahun – tahun sebelum Perang Dunia II. Pada tahun perkenalannya,
600 tandem segera terjual.
1937 : Sepeda listrik yang digerakkan oleh akumulator 12V dan
didisain oleh Philips diproduksi oleh lima pembuat sepeda yang terkenal di
Belanda. Diantara mereka, Gazelle adalah yang paling penting dan mereka
memproduksi 117 sepeda jenis ini. Tetapi sepeda – sepeda jenis ini tidak pernah
sangat populer. Seperti bagi banyak perusahaan Belanda lainnya, perang
merupakan masa yang sulit bagi Gazelle. Sebagian besar mesin pabrik diongkar
oleh tentara Jerman yang menduduki dan diangkat ke Jerman. Mesin yang masih
tersisa diledakkan persis sebelum kedatangan Sekutu. Selain itu, pabrik Willem
Kolling menderita kerusakan hebat akibat perang.
Dalam bulan Agustus 1946 sepeda
Gazelle paska perang yang pertama tersedia, dan pada tahun 1950 tersedia sepeda
Gazelle dengan clip-on motor. Produksi carrier bicycles (sepeda
muatan beroda dua) dan carrier tricycles (sepeda muatan beroda tiga)
diteruskan.
1954 : Perusahaan Gazelle yang sebelumnya merupakan perusahaan
pribadi diubah menjadi sebuah incorporation. Pada tahun yang sama,
Gazelle membuat 1.000.000 sepeda.
1963 : Di awal tahun 1963, Gazelle melakukan merger dengan
Batavus dari Heerenveen. Kerja sama ini tidak bisa memnuhi harapan yang
mendasari dan putus sesudah dua tahun.
1964 : Gazelle merupakan perusahaan pembuat sepeda Belanda
pertama yang memperkenalkan sepeda lipat (folding bike) yang dinamai
“Kwikstep”. Berbeda dengan sepeda lipat umum lainnya, Kwikstep dilipat pada
sumbu horizontal di bawah siku – siku bawah (bottom bracket), tidak pada
sumbu vertikal.
1966 : Gazelle memperkenalkan kembali model tandem, kali ini
jenis modern yang tidak begitu berat. Pada tahun yang sama 2.000.000 sepeda
Gazelle dibuat.
1968 : Gazelle mengambil alih merek juncker, Simplex dan
Locomotie serta merek moped terkenal Berini.
Selain hub (poros) depan dengan rem
tromol (drum-brake front hub) bermerek Gazelle, yang masih diproduksi
sampai sekarang, Gazelle juga memproduksi three-speed rear hub (poros
belakang dengan tiga kecepatan) dan (dalam kebanyakan kasus) dengan rem tromol
pada tahun enam puluhan. Sesudah membuat sekitar 45.000 50.000 unit, produksi
dihentikan di akhir tahun enam puluhan karena biaya yang tinggi.
1971 :
Gazelleh diambil alih oleh Tube Investment (TI). Nama perusahaan ini adalah
“Gazelle Rijwielfabriek B.V”, sebuah perseroan terbatas swasta (Private
Limited Company)
1987 : TI menjual divisi sepedanya kepada Derby Cycles Corp.
Perusahaan multinasional dengan kantor pusat di New York ini sekarang juga
memiliki perusahaan pembuat sepeda Raleigh, produsen sepeda Sturmey-Archer
serta merek – merek sepeda Jerman yang terkenal Kalkhoff, Rixe, Winora, dan
Staiger.
1992 : Gazelle merayakan ulang tahun yang ke-100. Pada tahun
yang sama, produksi total kumulatifnya mencapai 8 juta unit.
1999 : Dibulan april, Gazelle mencapai tong-sejarah baru : 10
juta sepeda telah dikeluarkan oleh pabrik. Gazelle sekarang memperkerjakan 550
karyawan dan menghasilkan lebih dari 300.000 sepeda dalam setahun. Gazelle merupakan
salah satu dari sedikit perusahaan pembuat sepeda besar yang masih membuat
sendiri sebagian besar rangkanya 20% dari total produksi di ekspor ke Belgia
dan wilayah – wilayah Jerman yang berdekatan.
2001 : Derby Cycles Corporation menjual Gazelle kepada daa
investasi Belanda ‘Guide Buy Out Fund’. Gazelle berkembang bagus, tetapi Derby
mengalami masalah finansial yang serius. Produksi tahunannya adalah sekitar
380.000 unit, sementara pangsa pasar Gazelle mencapai sekitar tiga puluh
persen.
Sekarang ini, Gazelle diproduksi
dalam jumlah besar dan dikenal sebagai sepeda yang sangat nyaman dan tangguh
Mercedes Benz-nya merek-merek sepeda Belanda. (sepeda muatan Gazelle yang bisa
dilipat(pertama kali dibuat pada tahun 1930). KOtak muatannya bisa dilipat dan casisnya
juga bisa diubah).
Sepeda Gazelle bisa dilacak tahun
pebuatannya dengan sangat mudah. Ada daftar nomor rangka periode 1916 – 1950,
yang beraal dari arsip-arsip Gazelle.
Gazelle menggunakan nomor kerangka
langsung sampai tahun 1974, ketika sekitar angka. Angka pertama mengacu kepada
angka terakhir tahun pembuatan. Semenjak 1981, Gazelle menggunakan nomor
kerangka dengan tujuh angka.
(Sumber : Theo Matthijs and Herbert Kuner, ©
1999 – 2005)Galery Sepeda Onthel Gazelle
Bardzo fajnie napisane. Jestem pod wrażeniem i pozdrawiam.
BalasHapus